Beranda > Arsip > 5 Kebiasaan Baik di Kamar Mandi

5 Kebiasaan Baik di Kamar Mandi


FITSUGAR
Regangkan dan panjangkan tangan Anda sejauh mungkin, dan biarkan air hangat mengalir di punggung Anda.

KOMPAS.com – Ada orang yang menghabiskan waktu begitu lama ketika mandi, ada pula yang hanya butuh lima menit. Anda mungkin akan bertanya-tanya, apa sih yang dilakukan orang sehingga betah mendekam selama satu jam di kamar mandi? Ternyata, bukan hanya membasuh tubuh atau keramas saja, tetapi juga melakukan berbagai kebiasaan baik berikut ini.

Mencegah jerawat di punggung
Lakukan eksfoliasi, atau pengelupasan, pada kulit setiap beberapa hari. Gunanya untuk mencegah jerawat bermunculan di tubuh Anda (bukan hanya di wajah!). Pakai sarung tangan loofah atau body scrub yang dibuat dengan kandungan gula (gula lebih ringan daripada garam) untuk menyingkirkan sel-sel kulit mati yang bisa menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat.

Meregangkan badan
Luangkan waktu sekitar dua menit untuk meregangkan punggung bawah Anda untuk melepaskan ketegangan di dalam pikiran dan otot-otot Anda. Lakukan gerakan squat (kaki dibuka sedikit lebih lebar dari bahu, posisi tubuh merendah seperti akan duduk) sambil merentangkan kedua tangan di depan tubuh. Biarkan air hangat menepuk-nepuk punggung bawah Anda, memberikan sensasi pijatan yang membuat rileks. Hawa panas merupakan pengobatan natural yang efektif untuk mengatasi ketegangan atau nyeri otot, dan membuat sesi peregangan menjadi lebih efektif.

Melonggarkan hidung tersumbat
Mandi air hangat bisa membantu Anda melonggarkan hidung yang tersumbat akibat pilek atau infeksi sinus. Jika kondisinya sangat parah, bawalah neti pot atau mangkuk berisi air panas ke dalam kamar mandi. Tundukkan kepala di atas mangkuk air panas, lalu bernafaslah di atas uap panasnya selama lima menit. Kemudian, isi mangkuk Anda dengan garam, dan gunakan air dari pancuran untuk menciptakan suhu yang pas. Uap panas tak hanya membuat Anda jadi lebih mudah bernafas, Anda juga tidak akan menghabiskan tisu karena harus mengeluarkan ingus.

Menghilangkan ketombe
Untuk membasmi ketombe secara alami, buat campuran bahan-bahan ini: secangkir cuka sari apel dan setengah cangkir air hangat. Setelah keramas, tuangkan campuran ini ke atas kepala, lalu pijat-pijat rambut dan kulit kepala Anda. Hal ini lebih mudah dilakukan di kamar mandi untuk mencegah air cuka tumpah di mana-mana. Anda tak perlu membilas rambut Anda, kecuali bila Anda tak tahan dengan baunya.

Menggosok tumit retak dan kasar
Udara dingin bisa menyebabkan kulit menjadi kasar, khususnya di bagian tangan dan kaki. Karena selalu menyentuh permukaan yang keras, kulit telapak kaki pun menjadi keras dan kering. Kalau sudah begitu, tumit mengalami retak-retak dan kadang-kadang perih. Untuk itu, Anda bisa melenyapkan kulit kering itu dengan menggosoknya dengan batu apung di kamar mandi. Ketika kaki masih dalam keadaan basah, kulit menjadi lebih lembut dan bagian yang kasar lebih mudah dihilangkan.

Kategori:Arsip Tag:
  1. 18 Februari 2011 pukul 08:58

    coba aaahh…

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: